[Bahasa Indonesia] Fukushima adalah Kerajaan Paduan Suara

Sejak dulu, Fukushima disebut sebagai "Kerajaan Paduan Suara", terutama di tingkat SMA. Banyak SMA memiliki klub paduan suara dan persaingan antaranya untuk meraih juara di dalam lomba paduan suara sangat ketat.

Waktu siswa SMA, saya juga ikut klub paduan suara di SMAN Fukushima. Seperti pernah ditulis, SMAN Fukushima waktu itu memiliki hanya murid laki-laki. Maka, kami adalah klub paduan suara laki-laki.

Selama di SMA, klub kami selalu mengikuti lomba paduan suara tingkat provinsi Fukushima, tingkat wilayah Tohoku, dan pada waktu SMA kelas 3 kami dapat mengikuti tingkat nasional.

Pada tanggal 17 Juli lalu, saya menonton Konser Tahunan Klub Paduan Suara SMAN Fukushima ke-60. Klub ini didirikan sejak 70 tahun lalu dan konser tahunannya ke-60. Dlam acara kali ini ada juga pertunjukan alumni klub.


Se-angkatan saya juga mengikuti pertunjukan kali ini bersama orkestra, memainkan 'Requiem', karya untuk paduan suara laki-laki dan orkestra, oleh Luigi Cherubini. Saya juga pernah menyanyi ini di dalam klub paduan suara laki-laki.


Saat ini, sesudah SMAN Fukushima menerima siswi perempuan, klub paduan suara juga tidak hanya laki-laki saja tetapi perempuan juga. Maka, klub paduan suara SMAN Fukushima menjadi paduan suara campur.

Saya ingat tingkat kemampuan paduan suara di Indonesia cukup tinggi dan kemonpoknya sering meraih juara di lomba paduan suara internasional. Teman seangkatan saya masih ikut menyanyi di suatu klub paduan suara dan katanya akan mencoba menyanyi karya yang berbahasa Indonesia.

Saya harap suatu waktu semoga adanya konser bersama antara paduan suara Fukushima dan Indonesia di Fukushima atau suatu tempat di Indonesia. Jika ada yang berminat bergaul dengan paduan suara Fukushima, silahkan menghubungi, ya. 

Comments

Popular Posts